SITE STATUS
Jumlah Member :
481.925 member
user online :
2481 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Keluhan pasca abortus
Oleh :


"Dear dr. Tanti Dok saya mengalami keguguran pada 17 agustus dengan usia kandungan 13-14w. Kemaren pas keguguran saya mengalami depresi berat karna shock. Seminggu sebelum keguguran saya periksa kan kandungan saya ke dokter kata dokter debaynya baik baik dan bagus perkembangannya cuma saya harus mengatur pola makan dan menambah berat badan karna kekurusan hehe. Mungkin karna tiba tiba kondisi saya lemah ( kecapean kerja ) akhirnya saya mengalami demam tinggi dan keguguran. Pada saat setelah keguguran saya perdarahan dok, hari pertama setelah keluar janin :( yang keluar adalah seperti selaput (mungkin plasenta) dan darah bergumpal banyak dok. Kemudian setelah itu keluar perdarahan seperti biasa. 3 hari kemudian payudara sakit dan panas dok, setelah itu saya meminum obat pereda nyeri dan akhirnya sakitnya pun reda. Sekarang saya masih perdarahan namun terasa nyeri dok, padahal waktu hari ke 2 pasca keguguran saya tidak begitu merasakan nyeri dan sekaranh darah yang keluar bercampur dengan lendir bening dan bergumpal sedikit.. mengapa demikian dok ? Kemudian payudara saya mulai mengecil tapi masih mengeluarkan cairan putih dan sesekali sakit dan masih ada benjolan. Serta putingnya mulai gatel dok. Dok apa yang harus saya lakukan ? Apa saya harus mengeluarkan asi tersebut atau dibiarkan saja sampai normal ? Saya akan berencana ke dokter terdekat untuk pemeriksaan lanjut, tapi saya pikir tunggu stop perdarahan dan usaha untuk mengeluarkan sisa dengan meminum air kelapa muda dok. Karna saya takut d kuret dok. Pengalaman dari teman pasca abortus meminum air kelapa muda dan kunyit asam (buatan sendiri) tidak perlu kuret dok. mohon di jawab dok,terimakasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Pasca keguguran
Oleh :


"Malam dok, saya mau menanyakan... saidterakhir haid tgl 15 juli 2015. Hingga awal bulan september saya tidak haid. Terus saya test hasilnya positif, tapi tanggal 7 sepetember malam saya mengalami kram perut yg cukup hebat tapi tidak ada pendarahan, jadi saya tidak periksa, tpi dini hari saya keluar darah seperti haid yang diawali dengan flek hitam. Tapi pada pagi minggu darah sudah berhenti hingga kamis siang. Tapi kamis mmsekitar pukul 5 bercak darah mulai keluar dan sakit seprti haid. Apa kah saya keguguran? Saya sudah menanyakan kepada teman saya..selama embrio atau tidak ada gumpalan darah keluar. Berarti saya tidak keguguran. Menurut dokter saya harus memeriksakan diri? Jujur saja dok, saya takut jika harus dikuret. Apa yang harus saya lakukan dok. Saya trauma jika harus melakukan pemeriksaan rahim dan sebagainya. Trims"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Cara menghitung umur kehamilan pasca keguguran
Oleh :


"Sore dok..mau tanya.saya kemarin tgl 19 november 2015 selesai dari keguguran.lalu tanggal 7 desember saya merasakan gejala hamil dan saya tea hasilnya positif.lalu bagaimana cara menghitung umur kehamilan saya saat ini ya dok?apa menggunakan hpht atau tgl berhentinya flek itu?terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Masalah ASI, alergi susu sapi dan Baby Blues
Oleh :


"assalamu'alaikum wr wb dokter, saya membaca artikel anda di internet... saya tertarik dgn pembahasan anda mengenai apakah asi ibu kurang?? hal tersebut pernah saya alami ketika saya melahirkan bayi saya pd 30 april 2011 kemarin. ceritanya begini dokter, sebelum saya hamil, saya melakukan operasi fibroadenoma mamae di kedua payudara saya, jmlhnya sangat byk. di payudara sebelah kiri ada 15 tumor (paling besar diameter 4cm, yg lain kecil), di payudara kanan ada 7 tumor. 3 bulan setelah operasi, saya konsultasi ke dokter bedah yg telah mengoperasi saya dan dokter kandungan untuk menanyakan apakah saya boleh hamil dlm wkt dekat atau tidak? beliau membolehkan untuk segera hamil. akhirnya 1 bulan kemudian saya hamil...alhamdulillah... namun saya agak bimbang apakah nnt saya bisa menyusui? karena setelah operasi payudara lebih kecil dr sebelumnya bahkan efeknya payudara kecil dan cekung (karena banyak daging yg diambil)... tp lambat laun payudara saya kembali cembung namun tidak sebesar dulu pada saat belum operasi tumor. 9 bulan kemudian saya melahirkan, pada saat saya melahirkan dengan cesar karena ketuban pecah dan ditunggu 36 jam pembukaan baru pembukaan 4 akhirnya dilakukan operasi. pada waktu itu, rmh sakit tidak menerapkan IMD pdhal saya sdh bilang, namun bayi diberikan sufor selama 2 hari, pada hari kedua saya baru dipertemukan dengan bayi saya. tentunya asi saya belum keluar.... asi saya keluar pada hari keempat, namun sufor msh diberikan. setelah pulang dr RS, begitu sampai rumah saya mengalami babyblues..... saya merasa khawatir yg berlebihan pd diri saya, apakah nnt saya bisa merawat bayi saya, apakah bayi saya sehat, apakah bayi saya bisa bertahan hidup (krn saya trauma dulu saya pernah melahirkan dua putri kembar namun meninggal semua).ditambah saya sangat tidak suka sama pembantu saya, saya takut pembantu saya akan melukai bayi saya. akhirnya saya minta ditemani kedua orang tua saya dan bergatian dengan kedua mertua saya (kebetulan saya tinggal beda kota dengan kedua ortu dan mertua saya). namun justru inilah yang menjadi masalah bagi saya dan anak saya. ketika bayi saya susui, sdh lama saya susui tp msh menangis mnt asi lg, terus selama sehari semalam saya tdk tidur krn bayi terus mnt minum, kemudian orangtua saya bilang kalo asi saya kurang harus diberikan sufor. saya ngotot tdk mau memberikan sufor krn saya ingin sekali asi eksklusif. mulai saat itu diotak saya terngiang2 kalo asi saya kurang, asi saya kurang terus terngiang2.... akhirnya sufor saya berikan. tp begitu dikasih sufor bayi saya bisa tidur nyenyak.alhasil saya patah semangat dan rencana asi eksklusif gagal saya berikan. setelah sufor dimimunkan produksi asi jd menurun. 2 minggu berlalu bayi saya masih jg rewel padahal mnm sufro sdh banyak bahkan melebihi ukuran untuk bayi baru lahir, tidurnya cuma sebentar sebentar, sering kagetan, nafasnya grok2, keluar air mata+kotoran dr mata, telinga bagian belakang nyenyehen (istilah orang jawa), pusarnya basah warnanya kuning kyk infeksi, tiap malam selalu nangis mnt gendong. saya tambah depresi berat, saya sering nangis.... kemudian saya konsultasikan bayi saya ke dokter anak, dokternya bilang kalo anak saya alergi, jd susunya hrs diganti yg HA (awalnya saya pake enfamil A+), kmdian saya pulang tp susu tdk saya ganti, saya msh blm percaya. ternyata anaka saya jg msh blm sembuh. usia bayi 1 bulan saya konsultasikan lagi ke dokter anak, beliau meminta untuk segera ganti yg HA, akhirnya saya ganti susu yg Nan HA.alhamdulillah langsung ada perbaikan. sekarang usia anak saya 17 bulan dan msh mnm NAn HA2.... yang ingin saya tanyakan : 1. apakah memang benar asi saya kurang dokter? (krn kl ga dimimun 4 jam sdh bengkak) 2. apakah operasi tumor payudara mempengaruhi produksi asi? 3. bolehkah minum obat agar asi banyak (spt moloco)? 4. bagaimana mengatasi alergi pada bayi? 5. apa yang harus saya lakukan bila nnt saya punya anak lagi, bagaimana caranya agar saya bisa berhasil memberikan asi ekslusif pada bayi saya? 6. bagaimana caranya mengatasi sindrome babyblues? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : pasca keguguran
Oleh :


"dok, 3 minggu yg lalu saya usg dan positif hamil usia 2mnggu tapi kata dokternya janin saya lemah dan kndisi bdan saya lemah, janin saya tdk bisa berkembang, saya di beri obat untk menggugurkan kandungan, setelah saya pakai, darah keluar dan sdikit gumplan darah, dan setelah itu sampai 1 minggu ini saya masih merasakan mual dan perut saya terasa kembung dan agak buncit. apa saya masih hamil dok? tolong bantuannya dok,trimkasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Keguguran
Oleh :


"1. faktor2 apa yang mempengaruhi keguguran? sy sudah periksa TORCH IgG negatif. tp kehamilan yg kali ini resiko keguguran. 2. usia kehamilan sy sdh 7w2d. keluar flek 1x dan sy sudah minum dupaston 3x1. ketika di USG obsgyn mengatakan harus di kuret karena tidak ada tanda' kehidupan. memang usia kehailan 7 minggu sdh dapat terdengar suara detak jantung pada janin? trimaksih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Keguguran tanpa kuret
Oleh :


"Dok saya bulan juli tgl9 keguguran bersih tanggal 15 lalu awal agustus saya TP sudah 3x TP negative trs padahal saya HB kadang keluar dalam, kapan saya haid lg ya dok sudah 26hari blm haid,apakah boleh minum pelancar haid sprti jamu dan ekstrak kapsul ?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : dampak keguguran
Oleh :


"Salam hangat dari saya, semoga kita selalu diberi kesehatan. Dear Dokter, saya baru saja mengalami keguguran dg UK 6 minggu. dokter yang merawat mengatakan tidak perlu di kuret kemudian diberi obat agar rahim bersih. Pendarahan yang terjadi sekitar 10 hari kemudian saya kontrol kembali. beliau mengatakan tidak apa-apa jika ingin program kembali, dan tidak ada jeda untuk hamil. Maka setelah 3 hari pendarahan berhenti, saya memulai untuk program hamil bersama suami saya (sekarang sudah 2 minggu pasca pendarahan). tetapi beberapa hari ini dibawah perut saya sebelah kiri sering sakit.itu pertanda apa ya Dokter, apakah itu berbahaya? apakah mempunyai dampak untuk rahim saya? Terimakasih "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Suplemen kehamilan dan keguguran
Oleh :


"Dok, mau tanya aq usg pertama usia 14w1d, aq dikasi vit. folamil genio dan penambah darah katax. aq agk takut dok minumx krn aq pnh keguguran gara2 vit. dr dokter, tpi kta dokterq kali ini n tmn2 bidan katax gk papa diminum vit. itu, tpi aq trauma dok? seberapa pntingxkah vit itu dok buat kehamilan sy, sebelumx sy cm minum susu prenangen dok,terima ksh Dok, Tanty cntik :-)"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Boleh kah minum susu dancow batita dicampur teh
Oleh :


"Anak saya umur 1thn 9bulan masih minum asi. perlahan2 saya mau memperkenalkan minum susu karna usianya hampir 2tahun. Tetapi anak saya kalau d kasih susu seperti mau muntah. Saya mencoba mengakalinya dg mencampur susu dg teh. Dan alhamdulillah sedikit sedikit anak saya mau minum susunya. Pertanyaan saya bolehkah susu d campur dg teh? Apakah ada dampaknya untuk anak usia segitu? Trima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Keguguran
Oleh :


"Dok.Sy mau tanya.istri sy baru mengalami keguguran usia kandungn 1 bulan.Trus dikasih resep oleh bidan untuk pembersih rahim.obatnya di minum 2 x 1 hari.slama di minumm 2 hari pendrahannya masih (setetes) di pelembabnya..Trus kakinya tetasa lemes mau bangun pun trasa sakit.Kram.Gitu dok..Kiranya gejala apa y dok.Trmksh"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Menstruasi pasca melahirkan
Oleh :


"Hallo dok, saya melahirkan dadakan tgl 6 januari lalu (otomatis di cesar). saya stop peras ASI tgl 20 mei (krn ASI nya sdh gak sampe 10 ml dan si anak tidak bisa nyedot ASI) nah sebulan kemudian baru (5 bln pasca melahirkan) keluar menstruasi sedikit demi sedikit ... tapi kog lama sekali ya dari tgl 20 juni hingga hari ini 07 juli (hitungannya 2 minggu lebih nih) masih mens juga, bahkan sejak 3 hari terakhir semakin bertambah banyak (full) (krn saya minum coca cola). 2 minggu lalu sakit perut selama bbrp hari, dan skrg mules lagi spt org haid di hari pertama kedua. pertanyaan saya, normal gak dok ? tolong dijelaskan ya .. makasih. NB : wkt haid pertama pasca melahirkan anak pertama hampir 5 thn yg lalu (cesar juga tp beda kasus) .. haid pertama setelah anak saya lepas ASI di usia 15 bln, dan hny 5 hari haid (pokoknya kurang dari seminggu) Makasih sudah membaca dan membalas pertanyaan saya yah.. salam."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Boleh minum red wine masa haid?
Oleh :


"Hi Dr Sy mau tanya boleh tak sy minum wine masa haid? Tapi sy belum pernah mencoba minum. Acctualy sy da nikah selama 6 tahun tpi belum ada baby lgi, ada rekan2 yg selalu kata wine bisa bersih kan rahim,disebabkan sy da 4x keguguran, apakah sy membuat keputusan yg ok or not tuk konsumsi wine? Kalau boleh berapa banyak yg harus sy minum everyday or every week? Thank's untuk penjelasannya😀😀😀"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : BANYAK MELUDAH KETIKA HAMIL
Oleh :


"Selamat Pagi Dok...! Saya Diah, umur 31 tahun, TB 155, BB, 55 kg. Ini kehamilan pertama saya, usia kandungan saya 5 bulan dan saya belum pernah mengalami keguguran. Waktu usia kandungan saya 9 minggu saya pernah dirawat selama 3 hari karena dehidrasi, waktu usia kandungan saya 13 minggu saya pernah menggigil kedinginan selama 1 - 2 jam dan setelah itu badan panas lalu berkeringat, dan perut jadi kaku, keras dan sakit, dan oleh dokter SPOG, saya harus betresk lagi saat itu 3 hari. Dari saya hamil 2 bulan sampai dgn 3,5 bulan setiap kali saya makan, minum susu, bahkan ngemil sekalipun langsung muntah. Jadi praktis saat itu gak ada makanan yang bertahan lama diperut. Yang ingin saya tanyakan Dok, sejak usia kandungan saya 2 bulan sampai dgn saat ini saya punya masalah dengan meludah yang berlebihan padahal sebelumnya tidak, udah gitu ludahnya berbusa dan lengket, terus ditenggorokan jadi berasa ada dahak tapi gak bisa keluar dan kalau habis makan bahkan minum air putih sekalipun berasa asem di tenggorokan, dan itu jadi membuat saya sering mual dan muntah apalagi kalau ludah itu saya tahan jadi semakin muntah... - Sebenarnya normal gak sich dok, kondisi semacam ini...? - Bagaimana cara mengatasi/mengurangi produksi ludah itu sendiri, krna ada saran konsumsi permen jahe, permen mint, bahkan ngemut asem tp gak ada pengaruhnya... - Atau mungkin saya kekurangan vitamin atau apalah yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil.... - Selama ini saya hanya minum kalsium dan suplemen dari dokter aja... Terimakasih Dok, dan maaf kalau jadi kepanjangan.... DIAH "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Keguguran tanpa kuret, setelah darah bersih apa boleh langsung berhubungan?
Oleh :


"siang dok,.saya mau tanya apa boleh setelah keguguran dan darah sudah bersih langsung berhubungan,.apa ada jangka waktu???saya keguguran tanpa kuret,.kemarin itu kehamilan saya sudah mau masuk ke 8 minggu kira2 tgl 29 saya keluar seperti2 kecoklat2an,.tgl 30 july kemarin saya keluar darah dan ada gumpalan,.pas di bawa kedokter di usg ternyata janinnya sudah tidak ada"bersih" dan katanya tidak perlu dikuret,.saya hanya dikasih obat supaya tidak infeksi tp nanti setelah darahnya bersih hrs diperiksa lgg kata dokternya,.gmn dok???apa boleh lgsng program hamil lgg atau ada jangka waktunya??terima kasih dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini