SITE STATUS
Jumlah Member :
492.768 member
user online :
1390 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Anak Sering Sakit Flu dan Batuk
Oleh :


"Dokter Tanti, aku punya anak 2 yang besar perempuan 2,5thn yang kecil laki-laki 14bln. Mereka sering sekali sakit batuk pilek dan mencret sekalipun tidak sampai parah tapi selalu bergantian dan bersamaan. Padahal saya berusaha untuk tidak memberikan piring atau gelas jadi satu. Apa perlu vitamin? Tapi nafsu makan mereka cukup baik. Apa ada yang salah dengan sanitasi di rumah atau kamar tidur? Terima kasih. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : SAKIT KEPALA SETELAH MELAHIRKAN
Oleh :


"dokter yang terhormat, pada tanggal 18 juni kemarin istri saya melahirkan di rumah sakit melalui tindakan dokter, alhamdulillah semua berjalan dengan baik. namun pada saat ini istri saya sering mengalami sakit kepala yang sangat dan ini sering terjadi, selain itu pada saat memberi asi ke anak saya rambut kepala istri menjadi berkeringat. yang ingin saya tanyakan ke dokter: 1. penyakit apa yang sebetulya dialami oleh istri saya? 2. obat apa yang harus dikonsumsi oleh istri saya? 3. bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan anak saya? terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Pernah Pendarahan dan Nyeri Perut
Oleh :


"dok,saya mau tanya saya selama hamil dari bulan pertama sampai bulan ke empat sering mengalami nyeri perut, dan waktu memasuki usia kehamilan bulan ke tiga sempat mengalami pendarahan dan dirawat di rumah sakit selama tiga hari tapi dua hari sebelum pendarahan terjadi saya dan suami sempat berhubungan dan selama berhubungan saya selalu merasa kesakitan,tapi untung janin dalam kandunganku masih bisa di selamatkan. yang ingin aku tanyakan apakah yang menyebabkan pendarahan itu terjadi dan mengapa saya sering mengalami nyeri perut, dan kenapa pada saat berhubunagn selalu merasa kesakitan pada bagian vagina dan perut. sekarang usia kehamilanku sudah memasuki usia bulan ke lima minggu ke 22 mohon penjelasannya ya dok. makasih sebelumnya"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : kenapa tidak ada penipisan dinding rahim saat pembuakaan dan tak ada kontraksi mules??
Oleh :


"saya sedang hamil anak ke 2, umur kehamilan saya masuk 8 bulan dan perkiraan lahiran akhir bulan ini. kebetulan kehamilan kedua ini berbarengan dengan adik saya yang kini udah melahirkan pada awal juni lalu.melihat riwayat proses kelahiran adik saya yang juga sama melahirkan anak yang kedua saya jadi sedikit was-was karena ade saya ini mengalami proses persalinan yang cukup menegangkan dan penuh kendala. adik saya melahirkan pada umur kandungan 43 minggu dan tidak mengalami mules dan pembukaanya pun tak ada sehingga dokter yang menanganinya memberikan induksi/perangsang sebagai tindakan awal, tindakan ini diberikan karena dilihat dari hasil USG tali pusar/tali ari-ari penghubung ibu dan anak terlihat bolong-bolong dan hampir putus menurut dokter. Yang ingin saya tanyakan kenapa masalah persalinan ade saya bisa seperti ini apakah pengaruh dari makanan atau kurang olahraga atau stress atau apa?? padahal pada kelahiran anak pertama tak ada masalah baik pada kehamilan dan persalinannya? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Adanya Darah pada Urine
Oleh :


"dok anak saya berusia 3 thn, seminggu yang lalu dia muntah2 trus buang air mencret karena masuk angin, tp setelah itu berhenti dia mengalami pipis ada darahnya saya takut apa penyebabnya ya dok, apa ada pengaruhnya karena bekas pakai kateter sewaktu di rumah sakit waktu itu kateternya sulit dibuka karena balon yang ada di dalamnya tdk mau kempes akhirnya diambil jalan ditusuk lewat perut dengan jarum di dr. urologi bener ada pengaruhnya ga dok?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : SUSU FORMULA VS DIARE
Oleh :


"assalamualaikum... bayi aq skrg umur 7bln,,, bb nya 7 kg! dari umur 6 bulan sakit trz.. sembuh batuk ganti panas.. sembuh panas ganti mencret...bayi aq dari sejak lahir ga dapet asi krna asi aq smpt keluar tapi gag ada lagi...sejak lahir di rumah sakit di kasi susu LACTOGEN1.. mw dganti takut ga cocok jadi dilanjutin ajj.. waktu umur 6bln, aq ganti pake CHILMIL2 tapi wktu keadaan ganti susu bayi aq agy "indah" (kata orang tua si mw da perkembangan bwt bisa lakuin sesuatu) ato pup nyua wrna ijo da kaya biji2 putih gto. tapi malah terus berkelanjutan... skrga pup nya shari >3x tapi gag encer. kadang suka encer..yang jadi pertanyaan apa karna pengruh dari susu formula baby nya jd diare??? badan nya jg ga gemuk.. apa harus ganti ke LACTOGEN2 ajja??? sebelumnya makasih untuk jawabannya ya dok... "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Suntik TT
Oleh :


"dok, saya mau tanya. apa masih boleh suntik TT di usia 7 bulan. karena selama ini belum pernah suntik TT ? kata nya tidak papa gak suntik TT kalau lahiran nya di rumah sakit. minta info nya ya dok. terimakasih "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Masalah ASI, alergi susu sapi dan Baby Blues
Oleh :


"assalamu'alaikum wr wb dokter, saya membaca artikel anda di internet... saya tertarik dgn pembahasan anda mengenai apakah asi ibu kurang?? hal tersebut pernah saya alami ketika saya melahirkan bayi saya pd 30 april 2011 kemarin. ceritanya begini dokter, sebelum saya hamil, saya melakukan operasi fibroadenoma mamae di kedua payudara saya, jmlhnya sangat byk. di payudara sebelah kiri ada 15 tumor (paling besar diameter 4cm, yg lain kecil), di payudara kanan ada 7 tumor. 3 bulan setelah operasi, saya konsultasi ke dokter bedah yg telah mengoperasi saya dan dokter kandungan untuk menanyakan apakah saya boleh hamil dlm wkt dekat atau tidak? beliau membolehkan untuk segera hamil. akhirnya 1 bulan kemudian saya hamil...alhamdulillah... namun saya agak bimbang apakah nnt saya bisa menyusui? karena setelah operasi payudara lebih kecil dr sebelumnya bahkan efeknya payudara kecil dan cekung (karena banyak daging yg diambil)... tp lambat laun payudara saya kembali cembung namun tidak sebesar dulu pada saat belum operasi tumor. 9 bulan kemudian saya melahirkan, pada saat saya melahirkan dengan cesar karena ketuban pecah dan ditunggu 36 jam pembukaan baru pembukaan 4 akhirnya dilakukan operasi. pada waktu itu, rmh sakit tidak menerapkan IMD pdhal saya sdh bilang, namun bayi diberikan sufor selama 2 hari, pada hari kedua saya baru dipertemukan dengan bayi saya. tentunya asi saya belum keluar.... asi saya keluar pada hari keempat, namun sufor msh diberikan. setelah pulang dr RS, begitu sampai rumah saya mengalami babyblues..... saya merasa khawatir yg berlebihan pd diri saya, apakah nnt saya bisa merawat bayi saya, apakah bayi saya sehat, apakah bayi saya bisa bertahan hidup (krn saya trauma dulu saya pernah melahirkan dua putri kembar namun meninggal semua).ditambah saya sangat tidak suka sama pembantu saya, saya takut pembantu saya akan melukai bayi saya. akhirnya saya minta ditemani kedua orang tua saya dan bergatian dengan kedua mertua saya (kebetulan saya tinggal beda kota dengan kedua ortu dan mertua saya). namun justru inilah yang menjadi masalah bagi saya dan anak saya. ketika bayi saya susui, sdh lama saya susui tp msh menangis mnt asi lg, terus selama sehari semalam saya tdk tidur krn bayi terus mnt minum, kemudian orangtua saya bilang kalo asi saya kurang harus diberikan sufor. saya ngotot tdk mau memberikan sufor krn saya ingin sekali asi eksklusif. mulai saat itu diotak saya terngiang2 kalo asi saya kurang, asi saya kurang terus terngiang2.... akhirnya sufor saya berikan. tp begitu dikasih sufor bayi saya bisa tidur nyenyak.alhasil saya patah semangat dan rencana asi eksklusif gagal saya berikan. setelah sufor dimimunkan produksi asi jd menurun. 2 minggu berlalu bayi saya masih jg rewel padahal mnm sufro sdh banyak bahkan melebihi ukuran untuk bayi baru lahir, tidurnya cuma sebentar sebentar, sering kagetan, nafasnya grok2, keluar air mata+kotoran dr mata, telinga bagian belakang nyenyehen (istilah orang jawa), pusarnya basah warnanya kuning kyk infeksi, tiap malam selalu nangis mnt gendong. saya tambah depresi berat, saya sering nangis.... kemudian saya konsultasikan bayi saya ke dokter anak, dokternya bilang kalo anak saya alergi, jd susunya hrs diganti yg HA (awalnya saya pake enfamil A+), kmdian saya pulang tp susu tdk saya ganti, saya msh blm percaya. ternyata anaka saya jg msh blm sembuh. usia bayi 1 bulan saya konsultasikan lagi ke dokter anak, beliau meminta untuk segera ganti yg HA, akhirnya saya ganti susu yg Nan HA.alhamdulillah langsung ada perbaikan. sekarang usia anak saya 17 bulan dan msh mnm NAn HA2.... yang ingin saya tanyakan : 1. apakah memang benar asi saya kurang dokter? (krn kl ga dimimun 4 jam sdh bengkak) 2. apakah operasi tumor payudara mempengaruhi produksi asi? 3. bolehkah minum obat agar asi banyak (spt moloco)? 4. bagaimana mengatasi alergi pada bayi? 5. apa yang harus saya lakukan bila nnt saya punya anak lagi, bagaimana caranya agar saya bisa berhasil memberikan asi ekslusif pada bayi saya? 6. bagaimana caranya mengatasi sindrome babyblues? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Meninggal dalam kandungan
Oleh :


"Dok, saya mau tanya.. Pada bulan maret 2012 lalu saya melahirkan dengan cara diinfus picu,dan dipasangi alat seperti balon untuk merangsang pembukaan jalan lahir,dikarenakan janin meninggal didalam kandungan saat usia kehamilan 35 minggu. Sebelumnya saya mlkukan USG, tidak terlihat tanda-tanda kelainan pd janin saya,saat itu usia kehamilan sy 27 minggu. Suatu hari sy merasakan gerakan janin melemah,lalu saya periksa ke bidan,namun denyut jantung bayi msih normal. Dan hingga suatu hari, saya mengalami batuk dan demam,dan nyeri di perut. Saat sy mlkukan pemriksaan rutin,bidan mengatakan tidak ada denyut jantung janin,diulang lg msih saja tidak ada.lalu saya prgi k rumah sakit dan USG, dokter mengatakan janin saya sudah meninggal, dan terdapat cairan asites dalam rongga perut janin saya. Saya sedih sekali,karena ini merupakan anak pertama saya. Dan saat saya usia kehamilan 2 bulan sampai memasuki 5 bulan, saya demam lalu flu tidak sembuh-sembuh.namun stlah bulan ke 5, saya tidak flu lagi. Dok, apa yg hrus saya lakukan?pemeriksaan apa yg harus saya lakukan agar nanti saya hamil lagi tidak terjadi hal yg demikian. Terimakasih atas jawaban dokter."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Anak demam dan kejang
Oleh :


"Dokter, saya mau tanya. 2 minggu yg lalu anak saya yg berusia 4 thn kepalanya terbentur tembok saat tidur. benturannya tidak keras dan anak juga tidak terbangun atau menangis. tadi malam (28 sept 2015) anak saya demam tinggi sampai jam 2 pagi tiba" kejang hingga sempat pingsan saat dibawa ke rumah sakit. saat usia 2 thn anak saya juga sering demam dan kejang tp tidak pernah sampai pingsan. pertanyaan saya : Apakah terbenturnya kepala ikut mempengaruhi demam dan kejang ini? apakah perlu perhatian lebih pada otak anak (misal dilakukan ctscan)? Terimakasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kehamilan
Oleh :


"ass,met siang dok,sy mau tanya.sebenarnya sy sedang bingung ni dok.sy sdh punya anak pertama yg usianya 3,5 thn.dan skrg sy ingin merencanakan kehamilan anak yg kedua.yg ingin sya tnyakan , setelah melahirkan anak pertama haidnya lancar lalu sdah 7 bulan ini sy tdk mengalami menstruasi.tgal 5 juli kemarin sy melakukan KB suntik 1 bulan,sblm sy KB suntik sya melakukan test pack kehamilan dan hasilnya negatif.sesudah KB suntik sy tidak merasa nyaman di bagian perut bawah sebelah kiri,lalu sy cba melakukan urut di bagian perut tsb,dan orang yg mengurut sy mengatakan kalau sya sedang hamil 2 bulan,dan sy pun merasakan tanda2 seperti sedang hamil yaitu payudara terasa gatal dan sakit.lalu sy cba USG namun hasilnya pun negatif dok,yg ingin sy tnyakan ke dokter sebenarnya sya hamil atau tidak ya dok ? dan kalau memang sya hamil apa dampak dri KB suntik yg sudah sya lakukan? sekian pertanyaan dari sy, saya tunggu jawabannya ya dok, terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bolehkah mengganti susu formula?
Oleh :


"dokter, anak saya awalnyatidak alergi susu, tapi ketika baru lahir dia tidak bisa menyusu langsung dari saya dan oleh rumah sakit di berikan susu formula soya, sekarang usianya 6 bulan dan sudah makan makanan pendamping, apakah saya boleh menggantinya dengan susu formula yang terbuat dari susu sapi? saya takut susu formula nya yang sekarang tidak memenuhi kebutuhan gizinya, tapi alhamdulillah dok anak saya jarang sakit dan perkembangan fisik dan motoriknya sangat baik..terimakasih "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Amankah radiasi USG ?
Oleh :


"Pagi dokter.. saya mau tanya. setiap saya kontrol kandungan saya ke dokter, slalu di usg. kyakny kalo periksa ke dokter ini, pasti skalian di usg gitu.. saya pernah baca di artikel, klo usg itu bisa menambah kontak batin antara ibu dan bayi, tp kok sya denger terakhir ini, klo keseringan di usg, pengaruh radiasiny gak bagus buat janin. tlong informasiny ya dok.. soalny tgl 4 peb besok, saya mau kontrol ke dokter lagi.. terima kasih sebelumnya"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Demam tinggi setelah imunisasi campak
Oleh :


"Dear dr. Tanti, Aku seorang ibu yang baru di karunia satu orang putera (Camillo Rayyan Al-Azfar) saat ini usia nya 10bln. Imunisasi rutin tiap bulan untuk Millo dan sehat2 aja,tapi pas imunisai campak kaget minta ampun..satu hari masih sehat tapi setelah dua hari imunisasi campak, aku dapat telp dari rumah bahwa Millo "STEP" mamahku langsung ambil sendok + kecap biar lidah millo gak kegigit.. sedih, panik, takut perasaan di kantor campur aduk.. bergegaslah aku pulang dan setiba di rumah sore hari Millo ku masih demam 40deg, suhu badannya turun naik..hingga malam hari masih demam juga.. step nya sih gak lama dok,, aku takut dok. coz banyak yg bilang klo anak step dpt merusak syaraf2 otak dan sekali step akan seterusnya step bila demam tinggi.. bagaimana dok ??"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Imunisasi Campak tuk Anak usia 2 tahun
Oleh :


"Dear dr.Tanti,, anak pertama ku laki2 saat ini berusia 2 tahun 6 bulan.berat badan 18Kg,sampai saat ini belum juga imunisasi Campak. Karna dulu setiap ingin imunisasi anakku sllu saja sakit.dulu pernah di bawa ke posyandu dan puskesmas katanya nanti imunisasinya jika sudah besar atau sekolah.saat ini anakku keadaannya sehat,dan saya berencana tuk memberikan imunisasi campak.Apakah bisa anak berusia 2 tahun 6 bulan di berikan imunisasi Campak?? dan Apakah ada dampak dan juga efeknya untuk kesehatan si anak jika imunisasi di umur 2 tahun?? Terima kasih "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini