SITE STATUS
Jumlah Member :
493.853 member
user online :
2032 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Makan es krim untuk menambah bobot janin
Oleh :


"Dear Dokter Tanti Dok, saya ingin bertanya, saya saat ini sedang hamil usia kandungan 28w, dan kmren saya USG, bidan bilang berat bayi saya 1000 gram, apakah itu normal dok di usia kandungan saya yang ke 28w., bidan menyarankan saya untuk seminggu ini setiap harinya makan es cream, apakah baik untuk saya dan bayi dalam kandungan saya dok? mohon infonya dokter tanti, terima kasih.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Diabetes gestational
Oleh :


"Salam kenal Dokter, usia kehamilan saya hampir 24w,saya sedikit "khawatir" dengan gula darah saya.. sekalipun hasilnya "normal" tp bidan yg mengontrol saya menyatakan bahwa hasilnya mendekati tinggi, maka dlm 3 minggu akan diadakan kembali tes darah. Kehamilan saya kali ini sangat berbeda dengan kehamilan anak pertama saya, kl dulu saya tidak suka yg manis2 tapi krn saya periksa gula darah setelah liburan panjang bersama keluarga besar suami yg "notabene" tdk bisa menghindar dr es krim dan segala dessert yg manis2, yg menyebabkan hasil tes positif (sekalipun hny bbrp persen) yg menyebabkan saya harus diet selama 2-3 bln terakhir kehamilan dengan menu salad dan 3 produk susu (susu, yoghurt dan keju) sebagai ganti makan buah jika lapar... hasilnya juga saya di cesar. tapi itu saya tdk permasalahkan .. skrg, saya hny ingin mengetahui pendapat dokter, krn di kehamilan saya yg skrg ini, saya suka sekali dgn yg manis2 ... kira2 apa yg hrs saya konsumsi utk mengontrol "gula darah" (apa kah makan makanan yg pahit, spt pare, minum daun sirih, bisa mengurangi kadar gula darah ?) selain saya mengurangi makan nasi dan gorengan serta sesuatu yg manis dan saya suka minum air putih.. karena saya juga sdh berusia 36thn dan berat saya di awal hamil yg skrg merupakan berat saya dulu wkt melahirkan. Skrg BB saya naik 5 kg (di usia 23w) dan USG terakhir berat janin 488 gr di usia 22w. Saya mohon informasinya ya .. terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Apakah Bahaya Ibu Hamil Bila Mogok Makan
Oleh :


"Selamat siang Dok, Saya mau tanya, saya hamil di trimester pertama apakah ada bahayanya bila saya susah makan? setiap kali makan mesti muntah... Tolong dikasih penjelasan untuk masalah ini dok. Terima kasih dok Astri"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Air es sebabkan bayi besar
Oleh :


"bu dokter saya hamil 10 minggu,saya br pindah didaerah pantai yg ckp panas,saya blm terbiasa dengan panasnya daerah pantai sehingga menyebabkan saya mengkonsumsi air es setiap hari,pertanyaan saya apakah mengkonsumsi air es/dingin mempengaruhi janin saya dok?ktnya klo terlalu bnyk mengkonsumsi air dingin bisa menyebabkan janin menjd besar"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : dinding perut tebal jadi agak susah mendeteksi gerakan janin
Oleh :


"Assalamu'allaikum dok.. sy mau bertanya, usia kandungan sy saat ini jalan 32 week. Pertama kali usg bln april gerakan janin aktif cmn ko ga terlalu berasa bgt ya dok ga kenceng bgt gtu, ydh gtu ga terlalu sering berasa gerakan nya. Paling klo berasa saat bangun tdr dan mlm dok klo siang jarang, itu apa karna perut sy yg tebal dan sblm hamil perut sy buncit dok. Itu apa yg bikin gerakan dd bayi nya ga terlalu berasa ya dok? Tolong di bls ya dok, terima kasih sebelumnya. Salam kenal dok :)"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bolehkah ibu hamil bepergian dengan pesawat?
Oleh :


"usia kehamilan saya sekarang 25 minggu, saya dan suami berencana mudik lebaran dengan menggunakan pesawat.dari kalimantan menuju jakarta 2 jam dan jakarta sumatra 1 jam..aman tidak jika saya melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat dan ap yang harus saya lakukan agar janin saya tidak kekurangan oksigen di pesawat nanti..trims dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Cacar air pada ibu hamil
Oleh :


"Dokter Tanti, saat ini saya sedang hamil 4 bulan 3 minggu, seminggu yang lalu saya terkena cacar air tapi tidak parah, kira-kira ada 10 bintik berair, karena kami sekeluarga kena virus cacar air berawal dari putri pertama saya cukup parah, kemudian suami & putri kedua cukup parah, dan saya, apakah itu berbahaya buat janin saya dalam kandungan? karena meskipun saya tidak parah, selama suami & anak-anak saya sakit saya yang merawatnya dan menyayanginya. Saya membaca artikel-artikel diinternet berbahaya sekali virus itu apa benar demikian? dan apa yang harus saya lakukan untuk mengetahui janin saya terkenan virus apa tidak, cara menaggulanginya atau ada pengobatan atau terapi agar janin saya tetap baik-baik saja? Tolong saya dibantu, saya merasa tegang sekali, selama saya cacar itu saya tidak periksa ke dokter karena saya merasa itu penyakit ringan. Dan untuk putri-putri saya, apakah penyakit itu berbahaya buat mereka? Demikian pertanyaan dari saya, sekian terima kasih. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Imunisasi TT pada kehamilan
Oleh :


"selamat siang dok, saya baru hamil anak yg pertama usia kandungan saya sudah 5 minggu dan saya mau nanya, Berapa kali imunisasi TT nya selama masa kehamilan dan memasuki bulan keberapa saja untuk TT tersebut.............???????????"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Pengaruh makanan dan minuman kepada ASI
Oleh :


"mau tanya kalo makan es dan minum yg dingin2 apa mmpengaruhi Asi?apa bisa bikin bayi sakit perut?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kantung Rahim Tanpa Janin
Oleh :


"Dear Dr.Tanti Retnowati Langsung saja saya wanita 24th yang sedang hamil usia 9minggu..Pada bulan pertama saya periksa lengkap dengan USG dokter menyatakan, keadaan janin saya sehat..Akhirnya sampai pada Periksa yang ke 3 kali tepatnya usia 9minggu dokter menyatakan bahwa kandungan saya jelek karena pada usia 9minggu harusnya pada hasil scan USG pada kantung rahim terbentuk sebuah bulatan(janin) akan tetapi lainhalnya dengan keadaan kantung rahim saya, atau dengan kata lain hasil dari USG hanya kantung saja tanpa terlihat janin. Dokter menyarankan untuk menunggu 2minggu lagi untuk melihat perkembangan dan apabila tidak tumbuh harus segera di kuret. Pertanyaan saya: 1.Saya harus menunggu berapa lama lagi hingga dapat disimpulkan bahwa kandungan saya memang jelek? 2.Apakah apabila setelah 11minggu akhinya tumbuh janin, apakah janin tersebut sehat (normal)? Mohon saran dari Dr.Tanti Retnowati, karena saya benar2 hawatir dengan keadaan calon buah hati kami. Terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kehamilan bisa diketahui berapa hari setelah berhubungan
Oleh :


"Dok,saya sedang program kehamilan setelah januari kemarin kuret.udah hampir 3 bulan saya belum hamil lagi sampai 2 minggu kebelakang saya beberapa kali tespeck masih negatif tapi sekarang saya merasa aneh,pengennya yang seger2 dan biasanya makan suka lahap tapi akhir2 ini jd ilang nafsu makan (nasi) hawanya seperti hamil saya waktu kemarin,tapi saya mau tespeck lagi takut hasilnya negatif lagi,kehamilan bisa terdeteksi tespeck setelah berapa lama setelah berhubungan dok?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : KANDUNGAN KOSONG
Oleh :


"Terimakasih atas perkenalannya.Saya tertarik web ini karena membaca salah satu diskusi ttg janin tidak terlihat padahal sudah usia kandungan 2 bulan. seminggu yg lalu, tepatnya 17 Juni hasil USG kata dokter yang menangani, tidak ada perkembangan pada janin. Alias, kantung kosong, tidak ada janin. Saya agak shock mendengarnya. Karena dokter menyarankan untuk dikuret,atau USG lagi seminggu kemudian tanpa memberikan vitamin atau apapun untuk kandungan supaya janin berkembang. Menurut dokter tersebut, tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu hasil USG selanjutnya. kalau dibiarkan akan menjadi kanker atau sejenis tumor. Ini kehamilan pertama di usia yang rawan, 38 tahun. Jadi saya takut membayangkan semua itu. Tapi membaca diskusi info bunda di atas, ttg janin tidak terlihat, jadi saya agak terhibur. Saya memastikan pada saat USG kemarin, kandungan saya baru menginjak 9 minggu, sedang batas kehamilan kosong adalah 10 minggu. Tapi lagi-lagi saya bingung, masuk info bunda ternyata kehamilan saya sudah 14 minggu. Dan fase2 yang disebutkan info bunda tentang nafsu makan mulai muncul, mual mulai berkurang pada usia 14 minggu, sepertinya saya alami saat ini. Apa yang seharusnya saya lakukan bila hasil USG menunjukkan kehamilan kosong? Sementara, saya tidak mengalami perdarahan luar atau pun dalam. Apakah memang harus dikuret? Apa boleh mengganti dokter lain? Selama hamil, saya menggunakan dokter perusahaan. Dan kesannya efisien sekali dan profesional, dua kali pemeriksaan, langsung USG. Pada pemeriksaan pertama saya hanya diberikan resep berupa asam folat."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kapan anak mulai belajar makan?
Oleh :


"benarkah awal belajar makan bayi dimulai dari 5 bulan dengan buah2an(ex:pisang n jerukbaby) agar nanti pada saat 6 bulan pencernaan myBaby tidak kaget,mohon petunjuk'a Dok?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Detak Jantung Janin Melemah
Oleh :


"selamat siang dok.. ini kehamilan ku yg pertama, menurut perhitungan bidan usia kehamilan ku sudah 2 bulan dan beberapa hari yang lalu aku menjalani USG tetapi dokter menyatakan detak jantung janin ku tidak ada dan ia menyatakan janin saya tidak tumbuh dan harus segera di keluarkan, keesokan harinya aku periksa ke bidan yg lain dan di periksa detak jantung janin ku juga belum terdengar ,saran dari bidan yg terakhir kita coba bulan depan untuk mendengar detak jantung kembali. pertanyaan saya dok, sebenarnya di usia kehamilan berapa detak jantung janin bisa terdengar?? terimakasih dok saya sangat butuh jawaban dari dokter karena sangat gelisah dan takut "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Makanan Penyebab Keputihan
Oleh :


"salam kenal dr.tanti, saya sedang hamil usia kandungan 25w, dok selama hamil kenapa keluar lendir yang terkadang berlebihan dari ms.V memang tidak setiap hari, dan tidak berbau.tp saya sangat tidak nyaman dgn kondisi ini, beberapa kali saya konsultasi dgn dokter,tp katanya itu wajar u ibu hamil, saya tidak di perbolehkan menggunakan pantyliners ataupun sabun kebersihan u mencuci daerah ms.V, tolong saran nya dok.. apa yg harus saya lakukan agar cairan tidak keluar berlebihan, apakah ada pengaruh dengan makanan yg saya makan..??"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini