SITE STATUS
Jumlah Member :
492.641 member
user online :
1008 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Gejala Infeksi Saluran Kemih
Oleh :


"bu, saya mau tanya.. saya sedang hamil 4bln.. akhir2 ini saya sering buang air kecil, dan ada rasa sakit di bagian perut bawah saya. apa benar itu adalah gejala infeksi saluran kemih? kira2 berapa biaya tes urin utk mendeteksi ISK tersebut? oh ya dokter, saya juga mengalami keputihan yg berlebih, walaupun tidak setiap hari, tp kadang sampai menimbulkan rasa gatal. bolehkah saya menggunakan pantyliner herbal dokter? mohon bantuannya,karena ini kehamilan pertama saya.. terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Perut belum keliatan buncit
Oleh :


"Siang dok, saya ingin bertanya, usia kehamilan saya pada saat ini 14 minggu, tapi masih belum keliatan buncit, biasanya perut keliatan buncit itu mulai usia kehamilan berapa bulan yaa?? *terimakasih sebelumnya"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Program hamil dan Masalah haid
Oleh :


"Selamat pagi Dok, Saya sudah menikah sudah 3,5 tahun tetapi sampai sekarang saya belum pernah merasakan gimana yang namanya hamil. Awal Januari 2013 saya bersama suami pergi konsultasi kenapa sampai sekarang saya belum hamil ke dokter di salah satu RSIA Medan. Dokter menyarankan kepada saya dan suami untuk melakukan serangkaian test dan hasilnya saya dan suami normal tidak ada masalah. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya dan suami minum : 1. Provula 50 mg Tablet ( Diminum oleh saya dihari ke 2 haid, 1 x 1 tablet selama 5 hari ) 2. Fionat 0,4 mg / Asam Folat Tablet ( Diminum oleh saya 1 x 1 tablet setiap hari ) 3. Oxan ( Diminum oleh suami, 1 x 1 tablet selama 10 hari ) Saya mulai minum obat tersebut ( dengan dosis seperti yang dianjurkan ) mulai awal bulan Februari 2013. Bulan Maret 2013, saya konsultasi lagi ke dokter dikarenakan saya belum hamil juga dan dokter kembali memberikan obat ( seperti diatas )dimana Provula 50 mg diminum 2 x 1 tablet selama 5 hari sedangkan Fionat 0,4 mg dan Oxam tetap diminum seperti yang biasanya. Bulan Mei 2013, saya konsultasi lagi ingin menanyakan kenapa di perut bagian bawah sebelah kiri saya sering sakit seperti ditusuk – tusuk ( pada saat itu saya belum haid ) . Setelah di lakukan USG, terdapat folikel / kista ovarium yang isinya cairan dengan diameter 2,5 cm disebelah kiri perut bagian bawah. Dokter mengatakan itu ngak ada masalah dan akan keluar dengan sendirinya 2 – 3 x siklus haid. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya minum 1. Zycin 500 / Antibiotik ( 1 x 1 tablet selama 3 hari ) 2. Mefinal 500 mg / Pereda rasa sakit ( 2 x 1 tablet selama 2 hari ) Sewaktu saya minum obat tersebut, keluar flek coklat yang banyak selama 2 hari kemudian disusul dengan keluar haid. Dengan kondisi seperti ini, untuk sementara minum obat provula saya hentikan atas inisiatif sendiri walaupun dokter mengatakan ngak ada masalah jika minum provula . Yang ingin saya tanya dok, 1. Apakah dengan minum obat provula secara continue dengan dosis 2 x 1 tablet / hari bisa menyebabkan timbulnya kista ovarium ? 2. Obat provula sebaiknya diminum pada saat hari haid ke berapa ? 3. Dihari haid terakhir saya, ada keluar seperti kulit transparan yang sudah susut / kempes dengan panjang +/- 2 cm. Apakah itu bisa dikatakan sebagai kista ovarium yang sudah keluar ?. 4. Tanggal 10 Juni 2013, saya haid selama +/- 6 hari. Pada tanggal 24 Juni 2013 ada keluar sedikit Flek kecoklatan. Apakah itu termasuk sisa haid Dok ato tanda hamil ? 5. Haid pertama sebenarnya dihitung mulai kapan ya ? apakah pada saat keluar flek ? soalnya kl saya mau haid ditandai dengan flek coklat baru disusul keluar darah. Sorry ya dok, penjelasan saya terlalu panjang dan mohon bantuannya. Periode haid saya : 21 dec 2012 , 1 Februari 2013, 3 Maret 2013, 8 April 2013, 12 Mei 2013, 10 Juni 2013, 11 Juli 2013 "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : PERUT KEDUTAN SAAT HAMIL
Oleh :


"usia kehamilan saya baru 9 minggu tetapi perut bagian atas sdh ada kedutan, itu normal atau tidak ya???? mohon info. terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Janin tanpa dinding perut
Oleh :


"dok saya mau tanya apa penyebab cacatnya bayi dalam kandungan yang tidak ada dinding perutmya? karena saya punya kak ipar dia di usg 4 dimensi dan dokternya menyatakan bahwa bayi dlm kandungannya tidak mempunyai dinding perut dan harus digugurkan. bagaimana solusinya dalam masalah ini dok? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Nyeri di Bawah Perut Saat Buang Air Kecil
Oleh :


"Selamat Malam dokter tanty.. Saya sedang hamil memasuki minggu ke 19,saya sangat kurang nyaman dengan perut bagian bawah saya setiap saat saya buang air kecil,sakit rasanya.. Saya takut ada apa-apa dengan bayi saya dok,karna ini kehamilan kedua saya setelah saya mengalami keguguran.. yang ingin saya tanyakan: 1. Mengapa setiap kali saya buang air kecil,saya merasa kurang nyaman dengan sakit dibagian bawah perut saya,terkadang sakit sekali,apa dikarenakan posisi saya pada saat buang air kecil itu jongkok dok??? (dirumah cuman ada wc yg jongkok) 2. Sehatkah bayi saya,dok? saya takut sekali. Sebelumnya,saya ucapkan terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Perut Bayi Kembung
Oleh :


"dok aku mau tanya,bayiku sekarang baru umur 1 bulan.sbelumnya perut'ny pernah sangat kembung,tapi pup'ny lancar sampe stiap abiz nyusu pasti lngsung pup,cm saya khawatir melihat perut'ny yg kembung gitu.tapi dah 3 hari ini perut'ny dah gak kembung lagi,trlihat normal tapi skrg mlah jrang pup,shari ini dia blm BAB shingga dia gak bisa tidur,cm pas sore saya cba pijat lembut perut'ny dg minyak telon dan akhir'ny dia BAB stelah itu bru bsa tidur!!yang saya pngn tau normal gak sih bayi seumur itu BAB'ny gak normal,atau bahayakah buat c bayi.ohya bayiku mnum ASI cmpur susu formula.mhon jawabn'ny y dok,mkasih.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Hamil 3 Bulan, Tapi Perut Belum Membesar
Oleh :


"salam kenal yah dok,,,:) saya mau tanya dok,,saya udah hamil 3 bln tapi saya ngerasa ga da perubahan sama bentuk badan saya seperti orang2 hamil lainnya. itu kenapa yah pa karena badan saya mang kurus trus saya ga gemuk maka Nya saya hamil jg badan saya tidak ada perubahan. trus perut saya jg ga terlalu keliatan seperti orang hamil dok.. mohon penjelasannya dokter makasih sblmnya ^^"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Perut kembung saat hamil
Oleh :


"Salam kenal dok, Dok,sejak awal kehamilan smp sekarang 20week. saya ada keluhan perut atas saya kembung. Semakin besar usia kehamilan rasa kembung tambah semakin, shg membuat saya sulit utk makan. smp2 diusia 20week ini saya belum naik BB. Saya sudah diresepan obat maag P*ly*s*ane dan O*m*p**zole malah rasa kembung makin menjadi. dan saya pun (maaf) sulit utk buang gas. menurut dokter saya harus bgmn, karena saya ingin asupan gizi utk saya dan janin agar terpenuhi dan rasa kembung ini bisa menghilang. terima kasih dok,atas jawabannya."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Berapa lama darah berhenti keluar setelah keguguran?
Oleh :


"Permisi dok, saya mau tanya setelah habis keguguran itu berapa lama ya masa nifasnya? saya habis keguguran tgl 14 maret lalu dan tidak dikuret. Setelah itu saya terus pendarahan seling2 darah merah seperti mens dan flek coklat dan cuma berhenti dua hari di awal april..saya kira sdh selesai, tp ternyata besoknya malah keluar lg darah banyak dan warnanya sedikit kehitaman seperti menstruasi. saya kira itu mens biasa karena sudah sebulan dr saya keguguran. Tapi sampai hari ini kenapa tidak berhenti juga..walau cuma seperti flek di celana, tapi cukup aneh karena klau saya buang air kecil akan keluar serabut darah yang lumayan banyak. Padahal tepat hari ini sudah 40 hari dr awal keguguran, tp kenapa belum berhenti juga ya? dan kenapa yg keluar jd serabut darah, bukan flek coklat seperti biasa. Apa hal itu masih termasuk normal atau tidak ya? terima kasih sebelumnya dok.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bolehkah memakai handbody di area perut saat hamil?
Oleh :


"dok,saya mau tanya.sbnrnya blh ga memakai hanbody di area perut?saat ini usia kehamilan saya hampir 9bulan,slama hamil saya rajin memakai hanbody di area perut dan paha.hanbody yang saya pakai bukan khusus untuk ibu hamil,saya memakai merk"marina".terima kasih dok,di tunggu jawabannya"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Cairan di Alat Kelamin (Hidrokel)
Oleh :


"Dr. Tanti saya mau tanya. Kehamilan saya sudah masuk 9 bulan. Kemaren saya cek-up dan dokter bilang klo terdapat cairan di alat kelamin janin saya (hidrokel) dikarenakan belum sempurnanya saluran sehingga cairan bisa masuk. Yang saya tanyakan, apakah bisa sebelum melahirkan cairan itu hilang ? apakah ada penyembuhan selama saya hamil ? penyebab nya apa ya ? apakah karena makanan yang saya konsumsi ? jika sampai melahirkan belum juga hilang, maka saya harus gimana ? jujur, sampai sekarang saya kepikiran terus, takut kenapa-kenapa. apalagi ini kehamilan saya yang pertama. mohon solusi dan bantuannya. terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bentol-bentol pada anak
Oleh :


"Halo, dokter.. Anak saya berusia 1 thn, sudah beberapa bulan ini mengalami bentol-bentol pada tangan, kaki, wajah (kadang sampai ditelinga) & dadanya bagian atas. Bentol-bentolnya kadang ada titik putihnya. Tapi bentol-bentol tsb tidak muncul di bagian punggung, perut, & pantat. Sudah pernah dibawa ke dokter umum & dokter kulit. Kedua dokter masih ragu apakah bentol-bentol tsb adalah alergi. Saya sdh pernah mencoba menggosokkan lotion khusus untuk kulit gatal atau mencampurkan cairan antiseptik kedalam air mandinya untuk menghilangkan bentol-bentol tsb. Tapi sama sekali tidak ngefek. Bentol-bentolnya sering timbul kalau anak saya mulai beraktifitas. Bermain ataupun merangkak. Bentol-bentol tsb hilang tak berbekas kalau anak saya tidur. Saya minta saran & informasinya, dok. Terima kasih atas waktunya."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Berapa takaran kebutuhan ASI untuk bayi usia 2 bln?
Oleh :


"slmt siang dokter tanti, dok saya ibu dr putri berusia 2bln, saya mberikan asi exclusive.sekarang saya sudah mulai bekerja kembali dan saya tetap memberikan asi exclusive u anak saya,saya bingung memberikan takaran asi untuk anak saya, berapa cc kah kbutuhan asi untuk bayi saya dalam 1x minum..?saat ini bb nya 4,4kg.berat lahir 2,7kg.apakah normal dok, mengingat ada teman saya blg bayi 2bln seharusnya sudah mencapai bobot 5kg.mohon informasinya dokter.terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Infeksi Saluran Kemih Dimasa Kehamilan
Oleh :


"Dok 2 tahun lalu saya terkena ISK, penyakit ini terus kambuh berulang semenjak itu dan saya hampir selalu mengkonsumsi obat dari ginekolog saya yg biasanya berupa antibiotik. biasanya hanya berselang sembuh sebulan sampai kambuh lagi, saya juga sudah banyak meminum air putih seperti yang dianjurkan, saya juga pernah mencoba meminum air parutan kunyit selama berturut2 sebulan tanpa meminum obat dari dokter selama kambuh dan hasilnya hampir sama seperti obat dokter. sehingga sampai sekarang ini saya hampir tidak pernah berhenti meminum obat semenjak 2 tahun lalu. sekarang saya sedang hamil masuk minggu ke 10 , dan penyakit ISK ini kambuh lagi semenjak hamil saya menginjak minggu ke 4, sudah 3 kali kontrol ke ginekolog saya dan diberi antibiotik yg biasanya habis selama 3-4 hari, ( sudah 3 kali dosis tersebut diberikan semenjak minggu ke 4 tersebut) sejak minggu ke 4 ISK saya kambuh, saya diberi antibiotik, setelah habis, masih sakit, kemudian diberi lagi antibiotik sampai 3 kali pemberian. sampai skrg ISK saya masih sakit terutama di daerah perut hingga merasa demam dan susah berdiri, yang saya takutkan adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik apakah tubuh saya sudah kebal, apakah efeknya mengkonsumsi antibiotik terus menerus, juga pengaruhnya terhadap janin yg saya kandung. berbahayakah mengidapa ISK disaat hamil? ginekolog saya mengatakan bisa menyebabkan bayi lahir prematur dan mengapa ISK saya tidak kunjung sembuh? tolonglah saya dok, saya bingung dengan keadaan saya ini, dan juga memakan banyak biaya sekali untuk berobat serta melakukan test di laboratorium yg sudah saya lakukan berulang ulang kali. terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini