SITE STATUS
Jumlah Member :
493.652 member
user online :
1572 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Hamil Anggur apa yang harus dilakukan?
Oleh :


"usia kandungan sy 16 minggu 3hr, kmr sy diusg kata dokter harus dikuret, karena hamil anggur dan karena tidak ada detak jantung. Yang ingin ditanyakan apakah kalau memang belum ada detak jantung diminggu 16 brarti hamil anggur? apakah tidak ada kemungkinan lgi bayi berkembang? apa yang harus dilakukan ya dok, apa hrs segera dikuret atau menunggu 1-2 bulan untuk liat perkembangan bayi? terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Wasir, apakah mengancam jiwa? apa yang harus dilakukan?
Oleh :


"23 hari yang lalu, aku habis melahirkan dok... dan memang aku akui waktu persalinan aku ngejan terlalu kuat, maklum ngelahirin anak pertama jd aku tak tahan dengan rasa sakitx jadi gak denger dengan perintah ibu bidan. sejak sudah melahirkan aku jadi susah untuk BAB dok, "Pup"nya susah keluar jadi sempat 1 kali aku ngejan terlalu kuat, saat mau BAB hingga akhirnya "Pup" nya keluar bercampur darah serta rasa sakit yang luar biasa pada daerah anus.. hingga sekarang aku merasa gak nyaman ketika mau BAB,tersiksa bgt dan akhirnya aku baca artikel ttg wasir, tanda2 wasir yang aku baca diartikel itu seluruhnya ada terjadi pada diriku, dok :( . Aku pun udh periksa diri, dan memang ada 1 benjolan kecil pada anusku dok. dan kadang ada rasa gatal pada dubur, sejak itu aku merasa hidupku tidak tenang... selalu dihantui dengan rsa sakit seumur hidup yg harus kuhadapi ketika ingin BAB, sampai2 aku nangis sendirian ketika mengingat hal itu... pertanyaan saya apakah itu betul yah dok, itu wasir eksternal?? trus apa yang saya harus lakukan dok agar BAB saya lancar lagi serta menghilangkan Wasir ini secepatnya sebelom parah (jika benar saya terindikasi wasir), dan pertanyaan terakhir... apakah wasir bisa menyebabkan kematian y dok? atas jawabannya aku ucapkan banyak terima kasih..."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Gerakan bayi pada usia kehamilan 5 minggu
Oleh :


"dok saya mau tanya,, kehamilan saya berusia 20W (5bulan)dari kmren ko saya tidak merasakan gerakan debaynya yah :( padahal biasanya aktif bgt,, klo malem sambil dengerin surat yusuf biasanya seneng bgt,,tapi dr smlm saya tidak merasakan :( apa yang harus saya lakukan? :'("
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : KANDUNGAN KOSONG
Oleh :


"Terimakasih atas perkenalannya.Saya tertarik web ini karena membaca salah satu diskusi ttg janin tidak terlihat padahal sudah usia kandungan 2 bulan. seminggu yg lalu, tepatnya 17 Juni hasil USG kata dokter yang menangani, tidak ada perkembangan pada janin. Alias, kantung kosong, tidak ada janin. Saya agak shock mendengarnya. Karena dokter menyarankan untuk dikuret,atau USG lagi seminggu kemudian tanpa memberikan vitamin atau apapun untuk kandungan supaya janin berkembang. Menurut dokter tersebut, tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu hasil USG selanjutnya. kalau dibiarkan akan menjadi kanker atau sejenis tumor. Ini kehamilan pertama di usia yang rawan, 38 tahun. Jadi saya takut membayangkan semua itu. Tapi membaca diskusi info bunda di atas, ttg janin tidak terlihat, jadi saya agak terhibur. Saya memastikan pada saat USG kemarin, kandungan saya baru menginjak 9 minggu, sedang batas kehamilan kosong adalah 10 minggu. Tapi lagi-lagi saya bingung, masuk info bunda ternyata kehamilan saya sudah 14 minggu. Dan fase2 yang disebutkan info bunda tentang nafsu makan mulai muncul, mual mulai berkurang pada usia 14 minggu, sepertinya saya alami saat ini. Apa yang seharusnya saya lakukan bila hasil USG menunjukkan kehamilan kosong? Sementara, saya tidak mengalami perdarahan luar atau pun dalam. Apakah memang harus dikuret? Apa boleh mengganti dokter lain? Selama hamil, saya menggunakan dokter perusahaan. Dan kesannya efisien sekali dan profesional, dua kali pemeriksaan, langsung USG. Pada pemeriksaan pertama saya hanya diberikan resep berupa asam folat."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kematian Mudigah pada janin
Oleh :


"Selamat pagi Dokter.. maaf ada hal yang ingin saya tanyakan pada dokter. Dok, 3 bulan lalu saya mengalami keguguran karena janin saya yang berusia 8 Minggu mengalami Kematian mudigah. Sebenarnya apa penyebab dok? dan apa yang harus saya lakukan pasca kurtase tersebut, terkait pemeriksaan kesehatan (apa saja yang harus saya cek?) atau tips agar saya dapat segera hamil kembali. Terima kasih banyak dokter sebelumnya, salam kenal dari saya, Sifa."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Sakit Pada Ulu Hati Sampai Tidak Bisa Bernafas
Oleh :


"siang Dr. saya hamil 38 minggu kebetulan semalam sya mengalami sakit pada bagian perut atas dibawah payudara, sakit yang teramat sakit sampai saya sulit untuk bernafas dan bergerak, tetapi tidak mengalami mules diperut hanya saya sangat sulit untuk bernafas. duduk salah tidur pun salah yang saya tanyakan apakah dengan kejadian itu berbahaya bagi saya dan janin apa yang harus saya lakukan bila saya mengalami hal serupa? terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Ukuran Berat Janin Normal
Oleh :


"yth. dr. tanti usia kehamilan saya saat ini adalah 13 minggu, hasil check-up kandungan saya seminggu yang lalu alhamdulillah menunjukkan keadaan janin yang sehat dan semuanya normal. menurut hasil usg berat janin saya 57 gram, dan dari ukuran kepala, perut, paha-kaki, semua menunjukkan ukuran normal untuk usia kehamilan 13 minggu. yang membuat saya bingung, setelah saya check-up kenapa berat janin menurut infobunda dan seaching info lainnya, berat janin untuk usia kehamilan 13 minggu adalah 23-24 gram. sedangkan menurut pemeriksaan dokter kandungan saya untuk ukuran 13 minggu berat janin 57 gram adalah normal. yang ingin saya tanyakan adalah : (1) apakah ada perbedaan cara perhitungan antara infobunda dengan dokter kandungan saya ? (2) menurut dokter apakah ukuran janin 57 gram itu terlalu besar untuk usia kehamilan 13 minggu ? (3) apa yang harus saya lakukan jika ternyata menurut dr. tanti ukuran janin saya terlalu besar ? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kantung Rahim Tanpa Janin
Oleh :


"Dear Dr.Tanti Retnowati Langsung saja saya wanita 24th yang sedang hamil usia 9minggu..Pada bulan pertama saya periksa lengkap dengan USG dokter menyatakan, keadaan janin saya sehat..Akhirnya sampai pada Periksa yang ke 3 kali tepatnya usia 9minggu dokter menyatakan bahwa kandungan saya jelek karena pada usia 9minggu harusnya pada hasil scan USG pada kantung rahim terbentuk sebuah bulatan(janin) akan tetapi lainhalnya dengan keadaan kantung rahim saya, atau dengan kata lain hasil dari USG hanya kantung saja tanpa terlihat janin. Dokter menyarankan untuk menunggu 2minggu lagi untuk melihat perkembangan dan apabila tidak tumbuh harus segera di kuret. Pertanyaan saya: 1.Saya harus menunggu berapa lama lagi hingga dapat disimpulkan bahwa kandungan saya memang jelek? 2.Apakah apabila setelah 11minggu akhinya tumbuh janin, apakah janin tersebut sehat (normal)? Mohon saran dari Dr.Tanti Retnowati, karena saya benar2 hawatir dengan keadaan calon buah hati kami. Terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Mual dan Kaitannya dengan Kecerdasan Janin yang Dikandung
Oleh :


"dok, terimakasih atas kesempatanya. begini saya mau bertanya, saat ini saya sedng hamil muda dan kehamilan yang pertama kali. sering saya membaca buku-buku tentang kehamilan, dan ada beberapa artikel yang menjelaskan , ibu hamil yang mengalami mual muntah ketika kehamilannya kelak bayi yang di kandungnya akan memiliki kecerdasan dibandingkan ibu hamil yang tidak mengalami mual muntah. dan yang saat ini saya rasakan saya pernah mual munth tapi itu tidak sering dok dan tidak setiap hari, kadang saya juga mengalami pusing tapi juga tidak terlalu. saat ini usia kehamilan saya 10 minggu dan katanya nafsu makan akan naik, tapi yang saya rasa nafsu makan saya malah menurun, enggan mengkonsumsi makanan apapun, baik itu nasi, roti , buah dll. apa yang harus saya lakukan dok dengan kondisi kehamiln saya yng seperti itu dan apakh saya tergolong ibu hamil yang mengalami mual dan muntah tau yang lainya? mohon penjelasanya dan terimakasih dok..."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Susu formula dan bintik merah pada kulit
Oleh :


"Dear Dokter Saya seorang ibu yg baru di karuniai anak. Saat ini anak saya sudah berusia 7 bulan. Dari usia anak saya 2 bulan sudah saya tinggal bekerja. Awalnya si dede saya beri asi perah. Ketika usianya beranjak 5 bulan saya coba mengkonsumsi susu formula saat itu saya gunakan produk dari morinaga, namun selang beberapa menit kemudian timbul bercak merah pada kulitnya, lalu saya hentikan pemberian susu formulanya. Selang dua minggu saya coba lagi dengan merk yg berbeda, dan hal yang sama terjadi lagi, hingga beberapa merk susu saya coba. Saat itu ada teman saya yang anaknya juga mengalami hal yang sama lalu ia menyarankan saya untuk mencoba enfamil A+ AH, bercak merah tidak muncul pada kulit si dede, tapi 3 hari kemudian si dede buang-buang air terus, akhirnya saran dokter saya harus hentikan pemberian susu formulanya. Saya khawatir, dok karena saat ini si dede mulai banyak mengkonsumsi asi, saya takut kekurangan apabila saya tinggal kerja. Tolong saran dari dokter apa yang harus saya lakukan agar si dede bisa mengkonsumsi susu formula (khususnya susu sapi bukan susu kedelai). Terima kasih. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Ingin hamil pada usia 40-an
Oleh :


"bu dokter yg cantik,, usia sy 41 thn, sy menikah di usia 38 hingga saat ini sy belum di karuniakan anak.. Masih adakah kesempatan sy memperoleh momongan di usia ini dan resiko yang sy hadapi jika sy hamil.. Makanan apa yg perlu sy komsumsi agar sy dpt hamil.. demikian pertanyaan sy terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Masalah ASI, alergi susu sapi dan Baby Blues
Oleh :


"assalamu'alaikum wr wb dokter, saya membaca artikel anda di internet... saya tertarik dgn pembahasan anda mengenai apakah asi ibu kurang?? hal tersebut pernah saya alami ketika saya melahirkan bayi saya pd 30 april 2011 kemarin. ceritanya begini dokter, sebelum saya hamil, saya melakukan operasi fibroadenoma mamae di kedua payudara saya, jmlhnya sangat byk. di payudara sebelah kiri ada 15 tumor (paling besar diameter 4cm, yg lain kecil), di payudara kanan ada 7 tumor. 3 bulan setelah operasi, saya konsultasi ke dokter bedah yg telah mengoperasi saya dan dokter kandungan untuk menanyakan apakah saya boleh hamil dlm wkt dekat atau tidak? beliau membolehkan untuk segera hamil. akhirnya 1 bulan kemudian saya hamil...alhamdulillah... namun saya agak bimbang apakah nnt saya bisa menyusui? karena setelah operasi payudara lebih kecil dr sebelumnya bahkan efeknya payudara kecil dan cekung (karena banyak daging yg diambil)... tp lambat laun payudara saya kembali cembung namun tidak sebesar dulu pada saat belum operasi tumor. 9 bulan kemudian saya melahirkan, pada saat saya melahirkan dengan cesar karena ketuban pecah dan ditunggu 36 jam pembukaan baru pembukaan 4 akhirnya dilakukan operasi. pada waktu itu, rmh sakit tidak menerapkan IMD pdhal saya sdh bilang, namun bayi diberikan sufor selama 2 hari, pada hari kedua saya baru dipertemukan dengan bayi saya. tentunya asi saya belum keluar.... asi saya keluar pada hari keempat, namun sufor msh diberikan. setelah pulang dr RS, begitu sampai rumah saya mengalami babyblues..... saya merasa khawatir yg berlebihan pd diri saya, apakah nnt saya bisa merawat bayi saya, apakah bayi saya sehat, apakah bayi saya bisa bertahan hidup (krn saya trauma dulu saya pernah melahirkan dua putri kembar namun meninggal semua).ditambah saya sangat tidak suka sama pembantu saya, saya takut pembantu saya akan melukai bayi saya. akhirnya saya minta ditemani kedua orang tua saya dan bergatian dengan kedua mertua saya (kebetulan saya tinggal beda kota dengan kedua ortu dan mertua saya). namun justru inilah yang menjadi masalah bagi saya dan anak saya. ketika bayi saya susui, sdh lama saya susui tp msh menangis mnt asi lg, terus selama sehari semalam saya tdk tidur krn bayi terus mnt minum, kemudian orangtua saya bilang kalo asi saya kurang harus diberikan sufor. saya ngotot tdk mau memberikan sufor krn saya ingin sekali asi eksklusif. mulai saat itu diotak saya terngiang2 kalo asi saya kurang, asi saya kurang terus terngiang2.... akhirnya sufor saya berikan. tp begitu dikasih sufor bayi saya bisa tidur nyenyak.alhasil saya patah semangat dan rencana asi eksklusif gagal saya berikan. setelah sufor dimimunkan produksi asi jd menurun. 2 minggu berlalu bayi saya masih jg rewel padahal mnm sufro sdh banyak bahkan melebihi ukuran untuk bayi baru lahir, tidurnya cuma sebentar sebentar, sering kagetan, nafasnya grok2, keluar air mata+kotoran dr mata, telinga bagian belakang nyenyehen (istilah orang jawa), pusarnya basah warnanya kuning kyk infeksi, tiap malam selalu nangis mnt gendong. saya tambah depresi berat, saya sering nangis.... kemudian saya konsultasikan bayi saya ke dokter anak, dokternya bilang kalo anak saya alergi, jd susunya hrs diganti yg HA (awalnya saya pake enfamil A+), kmdian saya pulang tp susu tdk saya ganti, saya msh blm percaya. ternyata anaka saya jg msh blm sembuh. usia bayi 1 bulan saya konsultasikan lagi ke dokter anak, beliau meminta untuk segera ganti yg HA, akhirnya saya ganti susu yg Nan HA.alhamdulillah langsung ada perbaikan. sekarang usia anak saya 17 bulan dan msh mnm NAn HA2.... yang ingin saya tanyakan : 1. apakah memang benar asi saya kurang dokter? (krn kl ga dimimun 4 jam sdh bengkak) 2. apakah operasi tumor payudara mempengaruhi produksi asi? 3. bolehkah minum obat agar asi banyak (spt moloco)? 4. bagaimana mengatasi alergi pada bayi? 5. apa yang harus saya lakukan bila nnt saya punya anak lagi, bagaimana caranya agar saya bisa berhasil memberikan asi ekslusif pada bayi saya? 6. bagaimana caranya mengatasi sindrome babyblues? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Keguguran
Oleh :


"1. faktor2 apa yang mempengaruhi keguguran? sy sudah periksa TORCH IgG negatif. tp kehamilan yg kali ini resiko keguguran. 2. usia kehamilan sy sdh 7w2d. keluar flek 1x dan sy sudah minum dupaston 3x1. ketika di USG obsgyn mengatakan harus di kuret karena tidak ada tanda' kehidupan. memang usia kehailan 7 minggu sdh dapat terdengar suara detak jantung pada janin? trimaksih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Post SC ingin persalinan normal
Oleh :


"Dok,saya mau bertanya.. Saat ini usia kandungan saya sudah memasuki 33 minggu, dan ini adalah kelahiran saya yang kedua. Kelahiran anak pertama saya melalui operasi sesar, karena setelah didiagnosa sejak usia kandungan 16 minngu ternyata janin saya kekurangan air ketuban (oligohydramnion). Setelah konsultasi dengan 4 Dokter, di kelahiran kedua ini, 2 Dokter mem-vonis harus sesar lagi, dikarenakan jarak antara kelahiran pertama dgn kedua dekat, 1 dokter belum bisa memutuskan, dan 1 dokter bisa menjamin saya untuk kelahiran normal dan bisa jadi dengan induksi. Pertanyaan saya, apabila saya memutuskan untuk melahirkan normal dan dengan induksi, apakah kemungkinan terburuk yang saya akan alami?? Apa yang sebaiknya saya lakukan, sesar atau normal??"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Biduran dan Rubella
Oleh :


"Selamat pagi dokter Saat ini saya sudah hamil 36 w,,, dan saya bru2 saja mengetahui tentang torch,, dan ada salah satu virusx rubella stlh mmbc bbrp artikel, dan itu berbahaya buat kelainan pada janin. saya ketika hamil 5 minggu,, saya alergi seperti biduran selama 2 hari setelah sy ke dokter umum sayadksh alloris tablet dan kemudian gatal2 dan bentol2 besar menghilang. Pertanyaan saya 1. Apakah biduran yg saya alami sama dengan ruam pada rubella ? 2. Apa yang saya harus lakukan untuk pengecekkam lebih lanjut,, setelah proses lahiran ? ThNks"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini