SITE STATUS
Jumlah Member :
505.919 member
user online :
348 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Bunda Harus Tahu! Inilah Makanan Sehat Untuk Bayi



Blog posted by

Bunda Harus Tahu! Inilah Makanan Sehat Untuk Bayi


Blog posted on 25-04-2019

Pola makan anak penting pada masa pertumbuhan. Karena itu, penting bagi bunda untuknya memenuhi asupan nutrisi dengan jumlah yang cukup serta sehat dan higienis untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak-anak membutuhkan makanan bergizi dan juga seimbang. Namun, sebagian orang tua masih ada yang tidak mengetahuinya. Terlebih sang anak pun kurang memiliki keinginan untuk menikmati makanan yang anda siapkan baginya, dan lebih memilih untuk memakan makanan yang kurang baik dalam segi kesehatan. Dampaknya pun bisa menyebabkan pertumbuhan otak yang lambat dan juga gampang sakit. Jika ini terjadi, jangan  langsung memberinya suplemen penambah nafsu makan, Anda bisa memberikan makanan sehat untuk bayi yang sudah dimodifikasi bentuknya supaya si anak akhirnya mau memakan sajian yang bunda siapkan bagi dirinya.



Ada beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk sang anak agar memudahkannya untuk belajar sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya.




  1. Minyak ikan



Beberapa jenis asam lemak tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh sehingga perlu diperoleh melalui makanan. Lemak adalah kompenen utama otak dan sebagian besar otak terdiri dari asam lemak yang dapat memainkan peran penting dalam fungsi otak.



Aneka jenis ikan seperti salmon, tuna dan sarden kaya akan minyak ikan. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak bisa meningkatkan kinerja anak-anak dengan disleksia, dyspraxia dan gangguan perhatian defisit.




  1. Susu dan produk olahannya



Susu mengandung tinggi kalsium, protein dan beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, keju juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk anak dan juga kaya akan protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil. Karena kandungan gizinya, Anda bisa memberikan susu ataupun keju setiap hari.




  1. Wortel



Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk penglihatan. Wortel juga mengandung betakaroten yang dapat melindungi selaput lendir dan mencegah infeksi bakteri. Wortel bisa dimasukkan ke dalam jus, cake atauun sup. Mata yang sehat tentu bisa mendukung proses pembelajaran anak.




  1. Whole grain



Anak-anak diusia sekolah sedang aktif berolahraga dan bermain. Mereka perlu mengonsumsi karbohidrat untuk menjaga kebutuhan energinya. Roti gandum dan biji-bijian bisa diberikan secara rutin pada anak. Memiliki kandungan serat yang tinggi, tentu pencernaan si kecil akan lebih optimal.




  1. Kacang kacangan



Kacang mengandung vitamin, karbohidrat, lemak dan juga antioksidan yang diperlukan untuk pertumbuhan mental dan fisik. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, mete dan pistachio yang kaya akan fitonutrien dan zat besi bisa mencegah penyakit kritis.



Bahan makanan ini bermanfaat untuk pembangunan kesehatan mental, pertumbuhan fisik lengkap dan melindungi tubuh dari polusi dan racun.




  1. Buah buahan



Setiap buah memiliki warna, rasa, tekstur dan kandungan nutrisi yang berbeda. Buah-buahan memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan energi dan sistem imunitas.



Pisang dan kiwi bisa jadi pilihan. Pisang mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi. Pisang bisa dijadikan sebagai makanan camilan yang membantu mempertahankan energi dan konsentrasi si kecil sepanjang hari. 



Sedangkan kiwi mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan sehingga si kecil bisa lebih fokus berkonsentrasi dan tidak mudah lelah.





Ditampilkan sebanyak : 55
Blog posted by

Bunda Harus Tahu! Inilah Makanan Sehat Untuk Bayi


Blog posted on 25-04-2019

Pola makan anak penting pada masa pertumbuhan. Karena itu, penting bagi bunda untuknya memenuhi asupan nutrisi dengan jumlah yang cukup serta sehat dan higienis untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak-anak membutuhkan makanan bergizi dan juga seimbang. Namun, sebagian orang tua masih ada yang tidak mengetahuinya. Terlebih sang anak pun kurang memiliki keinginan untuk menikmati makanan yang anda siapkan baginya, dan lebih memilih untuk memakan makanan yang kurang baik dalam segi kesehatan. Dampaknya pun bisa menyebabkan pertumbuhan otak yang lambat dan juga gampang sakit. Jika ini terjadi, jangan  langsung memberinya suplemen penambah nafsu makan, Anda bisa memberikan makanan sehat untuk bayi yang sudah dimodifikasi bentuknya supaya si anak akhirnya mau memakan sajian yang bunda siapkan bagi dirinya.



Ada beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk sang anak agar memudahkannya untuk belajar sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya.




  1. Minyak ikan



Beberapa jenis asam lemak tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh sehingga perlu diperoleh melalui makanan. Lemak adalah kompenen utama otak dan sebagian besar otak terdiri dari asam lemak yang dapat memainkan peran penting dalam fungsi otak.



Aneka jenis ikan seperti salmon, tuna dan sarden kaya akan minyak ikan. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak bisa meningkatkan kinerja anak-anak dengan disleksia, dyspraxia dan gangguan perhatian defisit.




  1. Susu dan produk olahannya



Susu mengandung tinggi kalsium, protein dan beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, keju juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk anak dan juga kaya akan protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil. Karena kandungan gizinya, Anda bisa memberikan susu ataupun keju setiap hari.




  1. Wortel



Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk penglihatan. Wortel juga mengandung betakaroten yang dapat melindungi selaput lendir dan mencegah infeksi bakteri. Wortel bisa dimasukkan ke dalam jus, cake atauun sup. Mata yang sehat tentu bisa mendukung proses pembelajaran anak.




  1. Whole grain



Anak-anak diusia sekolah sedang aktif berolahraga dan bermain. Mereka perlu mengonsumsi karbohidrat untuk menjaga kebutuhan energinya. Roti gandum dan biji-bijian bisa diberikan secara rutin pada anak. Memiliki kandungan serat yang tinggi, tentu pencernaan si kecil akan lebih optimal.




  1. Kacang kacangan



Kacang mengandung vitamin, karbohidrat, lemak dan juga antioksidan yang diperlukan untuk pertumbuhan mental dan fisik. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, mete dan pistachio yang kaya akan fitonutrien dan zat besi bisa mencegah penyakit kritis.



Bahan makanan ini bermanfaat untuk pembangunan kesehatan mental, pertumbuhan fisik lengkap dan melindungi tubuh dari polusi dan racun.




  1. Buah buahan



Setiap buah memiliki warna, rasa, tekstur dan kandungan nutrisi yang berbeda. Buah-buahan memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan energi dan sistem imunitas.



Pisang dan kiwi bisa jadi pilihan. Pisang mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi. Pisang bisa dijadikan sebagai makanan camilan yang membantu mempertahankan energi dan konsentrasi si kecil sepanjang hari. 



Sedangkan kiwi mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan sehingga si kecil bisa lebih fokus berkonsentrasi dan tidak mudah lelah.





Ditampilkan sebanyak : 30
Blog posted by

Bunda Harus Tahu! Inilah Makanan Sehat Untuk Bayi


Blog posted on 25-04-2019

Pola makan anak penting pada masa pertumbuhan. Karena itu, penting bagi bunda untuknya memenuhi asupan nutrisi dengan jumlah yang cukup serta sehat dan higienis untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak-anak membutuhkan makanan bergizi dan juga seimbang. Namun, sebagian orang tua masih ada yang tidak mengetahuinya. Terlebih sang anak pun kurang memiliki keinginan untuk menikmati makanan yang anda siapkan baginya, dan lebih memilih untuk memakan makanan yang kurang baik dalam segi kesehatan. Dampaknya pun bisa menyebabkan pertumbuhan otak yang lambat dan juga gampang sakit. Jika ini terjadi, jangan  langsung memberinya suplemen penambah nafsu makan, Anda bisa memberikan makanan sehat untuk bayi yang sudah dimodifikasi bentuknya supaya si anak akhirnya mau memakan sajian yang bunda siapkan bagi dirinya.



Ada beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk sang anak agar memudahkannya untuk belajar sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya.




  1. Minyak ikan



Beberapa jenis asam lemak tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh sehingga perlu diperoleh melalui makanan. Lemak adalah kompenen utama otak dan sebagian besar otak terdiri dari asam lemak yang dapat memainkan peran penting dalam fungsi otak.



Aneka jenis ikan seperti salmon, tuna dan sarden kaya akan minyak ikan. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak bisa meningkatkan kinerja anak-anak dengan disleksia, dyspraxia dan gangguan perhatian defisit.




  1. Susu dan produk olahannya



Susu mengandung tinggi kalsium, protein dan beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, keju juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk anak dan juga kaya akan protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil. Karena kandungan gizinya, Anda bisa memberikan susu ataupun keju setiap hari.




  1. Wortel



Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk penglihatan. Wortel juga mengandung betakaroten yang dapat melindungi selaput lendir dan mencegah infeksi bakteri. Wortel bisa dimasukkan ke dalam jus, cake atauun sup. Mata yang sehat tentu bisa mendukung proses pembelajaran anak.




  1. Whole grain



Anak-anak diusia sekolah sedang aktif berolahraga dan bermain. Mereka perlu mengonsumsi karbohidrat untuk menjaga kebutuhan energinya. Roti gandum dan biji-bijian bisa diberikan secara rutin pada anak. Memiliki kandungan serat yang tinggi, tentu pencernaan si kecil akan lebih optimal.




  1. Kacang kacangan



Kacang mengandung vitamin, karbohidrat, lemak dan juga antioksidan yang diperlukan untuk pertumbuhan mental dan fisik. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, mete dan pistachio yang kaya akan fitonutrien dan zat besi bisa mencegah penyakit kritis.



Bahan makanan ini bermanfaat untuk pembangunan kesehatan mental, pertumbuhan fisik lengkap dan melindungi tubuh dari polusi dan racun.




  1. Buah buahan



Setiap buah memiliki warna, rasa, tekstur dan kandungan nutrisi yang berbeda. Buah-buahan memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan energi dan sistem imunitas.



Pisang dan kiwi bisa jadi pilihan. Pisang mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi. Pisang bisa dijadikan sebagai makanan camilan yang membantu mempertahankan energi dan konsentrasi si kecil sepanjang hari. 



Sedangkan kiwi mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan sehingga si kecil bisa lebih fokus berkonsentrasi dan tidak mudah lelah.





Ditampilkan sebanyak : 27
Blog posted by

Bunda Harus Tahu! Inilah Makanan Sehat Untuk Bayi


Blog posted on 25-04-2019

Pola makan anak penting pada masa pertumbuhan. Karena itu, penting bagi bunda untuknya memenuhi asupan nutrisi dengan jumlah yang cukup serta sehat dan higienis untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak-anak membutuhkan makanan bergizi dan juga seimbang. Namun, sebagian orang tua masih ada yang tidak mengetahuinya. Terlebih sang anak pun kurang memiliki keinginan untuk menikmati makanan yang anda siapkan baginya, dan lebih memilih untuk memakan makanan yang kurang baik dalam segi kesehatan. Dampaknya pun bisa menyebabkan pertumbuhan otak yang lambat dan juga gampang sakit. Jika ini terjadi, jangan  langsung memberinya suplemen penambah nafsu makan, Anda bisa memberikan makanan sehat untuk bayi yang sudah dimodifikasi bentuknya supaya si anak akhirnya mau memakan sajian yang bunda siapkan bagi dirinya.



Ada beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk sang anak agar memudahkannya untuk belajar sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya.




  1. Minyak ikan



Beberapa jenis asam lemak tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh sehingga perlu diperoleh melalui makanan. Lemak adalah kompenen utama otak dan sebagian besar otak terdiri dari asam lemak yang dapat memainkan peran penting dalam fungsi otak.



Aneka jenis ikan seperti salmon, tuna dan sarden kaya akan minyak ikan. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak bisa meningkatkan kinerja anak-anak dengan disleksia, dyspraxia dan gangguan perhatian defisit.




  1. Susu dan produk olahannya



Susu mengandung tinggi kalsium, protein dan beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, keju juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk anak dan juga kaya akan protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil. Karena kandungan gizinya, Anda bisa memberikan susu ataupun keju setiap hari.




  1. Wortel



Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk penglihatan. Wortel juga mengandung betakaroten yang dapat melindungi selaput lendir dan mencegah infeksi bakteri. Wortel bisa dimasukkan ke dalam jus, cake atauun sup. Mata yang sehat tentu bisa mendukung proses pembelajaran anak.




  1. Whole grain



Anak-anak diusia sekolah sedang aktif berolahraga dan bermain. Mereka perlu mengonsumsi karbohidrat untuk menjaga kebutuhan energinya. Roti gandum dan biji-bijian bisa diberikan secara rutin pada anak. Memiliki kandungan serat yang tinggi, tentu pencernaan si kecil akan lebih optimal.




  1. Kacang kacangan



Kacang mengandung vitamin, karbohidrat, lemak dan juga antioksidan yang diperlukan untuk pertumbuhan mental dan fisik. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, mete dan pistachio yang kaya akan fitonutrien dan zat besi bisa mencegah penyakit kritis.



Bahan makanan ini bermanfaat untuk pembangunan kesehatan mental, pertumbuhan fisik lengkap dan melindungi tubuh dari polusi dan racun.




  1. Buah buahan



Setiap buah memiliki warna, rasa, tekstur dan kandungan nutrisi yang berbeda. Buah-buahan memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan energi dan sistem imunitas.



Pisang dan kiwi bisa jadi pilihan. Pisang mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi. Pisang bisa dijadikan sebagai makanan camilan yang membantu mempertahankan energi dan konsentrasi si kecil sepanjang hari. 



Sedangkan kiwi mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan sehingga si kecil bisa lebih fokus berkonsentrasi dan tidak mudah lelah.





Ditampilkan sebanyak : 27
Blog posted by

Bunda Harus Tahu! Inilah Makanan Sehat Untuk Bayi


Blog posted on 25-04-2019

Pola makan anak penting pada masa pertumbuhan. Karena itu, penting bagi bunda untuknya memenuhi asupan nutrisi dengan jumlah yang cukup serta sehat dan higienis untuk menunjang tumbuh kembangnya. Anak-anak membutuhkan makanan bergizi dan juga seimbang. Namun, sebagian orang tua masih ada yang tidak mengetahuinya. Terlebih sang anak pun kurang memiliki keinginan untuk menikmati makanan yang anda siapkan baginya, dan lebih memilih untuk memakan makanan yang kurang baik dalam segi kesehatan. Dampaknya pun bisa menyebabkan pertumbuhan otak yang lambat dan juga gampang sakit. Jika ini terjadi, jangan  langsung memberinya suplemen penambah nafsu makan, Anda bisa memberikan makanan sehat untuk bayi yang sudah dimodifikasi bentuknya supaya si anak akhirnya mau memakan sajian yang bunda siapkan bagi dirinya.



Ada beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk sang anak agar memudahkannya untuk belajar sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya.




  1. Minyak ikan



Beberapa jenis asam lemak tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh sehingga perlu diperoleh melalui makanan. Lemak adalah kompenen utama otak dan sebagian besar otak terdiri dari asam lemak yang dapat memainkan peran penting dalam fungsi otak.



Aneka jenis ikan seperti salmon, tuna dan sarden kaya akan minyak ikan. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak bisa meningkatkan kinerja anak-anak dengan disleksia, dyspraxia dan gangguan perhatian defisit.




  1. Susu dan produk olahannya



Susu mengandung tinggi kalsium, protein dan beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, keju juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk anak dan juga kaya akan protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil. Karena kandungan gizinya, Anda bisa memberikan susu ataupun keju setiap hari.




  1. Wortel



Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk penglihatan. Wortel juga mengandung betakaroten yang dapat melindungi selaput lendir dan mencegah infeksi bakteri. Wortel bisa dimasukkan ke dalam jus, cake atauun sup. Mata yang sehat tentu bisa mendukung proses pembelajaran anak.




  1. Whole grain



Anak-anak diusia sekolah sedang aktif berolahraga dan bermain. Mereka perlu mengonsumsi karbohidrat untuk menjaga kebutuhan energinya. Roti gandum dan biji-bijian bisa diberikan secara rutin pada anak. Memiliki kandungan serat yang tinggi, tentu pencernaan si kecil akan lebih optimal.




  1. Kacang kacangan



Kacang mengandung vitamin, karbohidrat, lemak dan juga antioksidan yang diperlukan untuk pertumbuhan mental dan fisik. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, mete dan pistachio yang kaya akan fitonutrien dan zat besi bisa mencegah penyakit kritis.



Bahan makanan ini bermanfaat untuk pembangunan kesehatan mental, pertumbuhan fisik lengkap dan melindungi tubuh dari polusi dan racun.




  1. Buah buahan



Setiap buah memiliki warna, rasa, tekstur dan kandungan nutrisi yang berbeda. Buah-buahan memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan energi dan sistem imunitas.



Pisang dan kiwi bisa jadi pilihan. Pisang mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi. Pisang bisa dijadikan sebagai makanan camilan yang membantu mempertahankan energi dan konsentrasi si kecil sepanjang hari. 



Sedangkan kiwi mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan sehingga si kecil bisa lebih fokus berkonsentrasi dan tidak mudah lelah.





Ditampilkan sebanyak : 28

Comment by:
salam kenal Bun.........
ya soal mitos itu ga da hentinya wl kita pergi ke manapun pasti tiap daerah ada ja mitos tertentu..........
nah kita sih ambil yg simpel dan logika aja.
klo g blh bw barang disaku terlalu berat ya wajar aja masalahnya untuk menjaga si bayi kita sama ja dgn kt terlalu berat memikul barang, coba ja bayangin katanya aja terlalu bukannya ga blh bw rarang.
kl ga boleh tdr petang emang benar masalahnya kita ga lg hamil ja udah pusing ketika bgn tdr petang pa lag lg hamil, benarkan.
kl jgn terlalu lama di kmr mandi ya jelas krna kl trlalu lma pati pusing pa lg kl udh jongkok nah takut terpeleset lah.
nah kl ga boleh ngomongin orang lain ya jelas kt yang ga lg hamil ja di haramkan ngomongin orang lain kecuali masalahnya yg baik-baik.
nahhhhhhhhhhhh simpel kan coba ja kt pake logika yg masuk akal apa salahnya kta coba jalanin
benerkan????????????
Dikirim : 2010-06-22

Comment by:
waaahhhh...kalo ikutin petuah2 dulu sih banyak banget, aku juga sering bgt tuh dapet petuah2 diantaranya :

ga boleh duduk di depan pintu...ntar lahirannya susah bayinya macet di jalan lahir
ga boleh makan di piring besar...kalo ini alesannya aku lupa
kalo udah bulannya banyakin minum minyak lentik (semacam minyak sayur yg asli bgt) ...biar lahirannya lancar

wah kalo di tulisin satu2 banyak deh,,,tapi berhubung ini kehamilan pertama n cucu pertama buat keluargaku jadinya aku ikutin deh...
Dikirim : 2010-06-19

Comment by:
Pcaya ga bund,dl tmen ku pas hamil suka ngantongin makanan dsakunya..jd kl pas krja gt,dia suka smbil makan..krn hrusnya g diijinin,jd dia umpetin dkantong.trus pas lahiran,anakny kan cowk tnyt kantong pelirnya bsar sbelah..pas ibu dari tmen aku itu liat,dia lgs tebak "km dulu suka nggembol (ngantongin) mkanan ya?" hmm.mm bisa jg si kbetulan...tp kok ya bs tepat tbakan ibunya tmenku itu... (ket:sbelumny tmenku ga tau ttg mitos ngantongin mkanan itu)
Dikirim : 2010-06-19

aku mank pernah dgr soal mitos n pamali kyk gt...
tp aku gk pernah dgr kl hamil gk blh makan sambal lsg dr colek nya, gk blh ngantongin barang berat di saku baju n gk blh makan d piring kecil...aku sm sx gk pernah dgr...


yg aku tau n pernah dgr n aku ikutin...kl hamil kita gk blh ngomongin atau ngejelek2in org...soal nya aku pernah dgr dr ortu ku waktu di kampung ada ibu hamil njelek2in orang cadel...eh pas anak nya lahir anak nya jd cadel...
trs jg gk blh bunuh n nyiksa binatang...soal nya tar bs kejadian ma anak kita kl dh lahir...contoh nya kl kita matahin kaki binatang nah pas anak kita lahir anak kita cacat n kaki nya gk sempurna gt bund...
yg trakhir gk blh potong rambut...aku s gk tau apa alasan nya knp gk blh potong rambut soal nya ortu ku gk pernah ngejelasin alasan nya..
pernah sekali aku potong sendiri ujung rambut ku yg pecah2 pas ketahuan ortu aku lsg dmarahin...

jd kl menurut ku yg pernah aku dgr aku ikutin tp yg gk pernah aku dgr aku dengerin buat jaga2 aja...
biar kedepan nya kita gk nyesel bund...
Dikirim : 2010-06-18
 page  1  2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman