SITE STATUS
Jumlah Member :
485.620 member
user online :
1839 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

4 Hal Pendukung Sistem Imun

   

4 Hal Pendukung Sistem Imun



1. Nutrisi
Gaya hidup sehat dan diet tepat merupakan landasan terpenting untuk meningkatkan sistem imun. Pemenuhan gizi yang seimbang berkorelasi langsung dengan pembentukan sistem imun tubuh anak. Makin baik gizinya, makin baik pula imunitas tubuhnya. Konsep 4 sehat 5 sempurna adalah contoh pemberian nutrisi seimbang yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Lingkungan
Lingkungan tempat tinggal anak pun turut berperan. Anak-anak yang tumbuh di lingkungan padat dengan udara dan sanitasi buruk lebih rentan terserang berbagai penyakit. Karena di lingkungan seperti ini secara tidak disadari banyak zat-zat berbahaya yang masuk ke tubuh hingga menyebabkan turunnya imunitas tubuh. Tidak heran bila di lingkungan kumuh sering terjadi wabah penyakit dan kematian yang menyerang anak-anak.

3. Pola Hidup
Pola hidup sehat secara umum akan berdampak pada kesehatan anak. Kebiasaan olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi, kehidupan yang bahagia dan tidak stres, secara langsung dan tidak langsung akan membuat imunitas tubuhnya berkembang sempurna sehingga bermacam penyakit tidak berani mendekat. Karena itu pula, sistem pengasuhan pada anak juga berperan. Bila secara bertahun-tahun orangtua terlalu keras pada anak misalnya, sehingga anak menjadi penakut, merasa sengsara dan kurang gembira, maka imunitas pun akan terpengaruh. Anak akan lebih gampang sakit karenanya.

4. Genetik
Faktor keturunan juga memegang peranan dalam pembentukan sistem imun tubuh anak. Orangtua dengan imunitas tubuh baik lebih berpeluang menurunkan anak dengan kualitas yang kurang lebih sama. Jadi bisa Anda bayangkan, secara fisik dan finansial, betapa beruntungnya keluarga yang secara turun temurun memiliki imunitas tubuh yang terpelihara baik.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman